Metode assessment center merupakan metode yang terbukti mampu digunakan untuk mengukur kompetensi individual.  Saat ini semakin banyak organisasi menggunakan metode assessment center untuk mengembangkan karyawannya dan tidak sedikit perusahaan yang memiliki tempat untuk pelaksanaan assessment center sendiri.

Salah satu hal krusial dalam assessment center adalah alat ukur yang digunakan harus mampu mengukur kompetensi individu dengan metode yang telah teruji.  Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pendekatan psikometri. Dengan menggunakan pendekatan psikometri soal-soal assessment center yang dibuat memiliki dasar kuat yang menjamin validitas, reliabilitas, terstandar, dan bebas dari bias.

Layanan pembuatan soal-soal yang digunakan dalam metode assessment center, meliputi:

Soal-soal Leaderless Group Discussion (LGD)

Soal yang terkait dengan diskusi kelompok,mencakup soal-soal berbasis peran (assignment LGD) atau non-peran (non-assignment LGD).

Soal-soal In-Basket/In-Tray

Soal yang disusun dalam bentuk surat-surat/email ataupun dokumen lainnya dan setiap peserta diminta untuk memberikan respon atas setiap isi dokumen.

Soal-soal Role Play

Soal-soal yang disusun dan mengharuskan partisipan bermain peran untuk jangka waktu tertentu dengan seorang role-player.

Soal-soal Case Analysis

Soal-soal analisis kasus yang mencakup kemampuan menganalisis persoalan dan memberikan solusi atas kasus yang dihadapi dalam bentuk tertulis dan lisan.

Our Partner

Lowongan Kerja

Jumlah lowongan kerja: 0

    neuvoo job search pekerjaan